Thursday, 10 June 2010

PERTUMBUHAN BAKTERI PADA AIR MINUM DALAM KEMASAN MERK ZAMMIN PADA TINGKAT KONSUMEN DENGAN PRAKTIK HIGIENE BERBEDA DI KELURAHAN TEMBALANG SEMARANG TAHUN 2004

Oleh: JUNAEDI -- E2A000039
(2004 - Skripsi)


Air minum dalam kemasan (AMDK) galon isi ulang sangat diminati hampir semua kalangan masyarakat termasuk mahasiswa. Selain harganya murah, diyakini mempunyai kualitas yang hampir sama dengan AMDK merk terkenal. Namun dari hasil beberapa penelitian ditemukan AMDK yang kualitasnya rendah. Hal tersebut diperkuat dengan ditemukan sejumlah bakteri Coliform pada sampel AMDK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pertumbuhan bakteri pada AMDK galon isi ulang merk Zammin pada tingkat konsumen dengan praktik higiene yang berbeda.

Penelitian ini merupakan descriptive research dengan pendekatan rangakaian berkala dengan kontrol(time series with control). Pengambilan sampel dilakukan secarapurposive sampling. Sampel diambil dari konsumen dengan praktik higiene berbeda (baik&buruk) masing-masing satu galon yang diperiksa tiap 3 jam.Sebagai kontrol diambil dari galon yang sengaja dibeli. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan pada sampel kontrol tidak didapatkan koloni bakteri atau tidak terjadi pertumbuhan bakteri setelah proses pengisian. Pada sampel dari konsumen dengan praktik higiene buruk, jumlah Coliform tertinggi dicapai pada jam ke-12 yaitu 438 koloni/100mldan Eschericia coli 116 koloni/100ml. Pola pertumbuhan cenderung fluktuatif secara periodik. Pada sampel dari konsumen dengan praktik baik, jumlah Coliform tertinggi dicapai pada jam ke-3 yaitu 72 koloni/100ml danEschericia coli 12 koloni/100ml.

Pertumbuhan hanya berlangsung pada jam ke-3 sampai jam ke-6. Dapat disimpulkan bahwa pada konsumen dengan praktik higiene buruk jumlah Coliform dan E.coli cukup tinggi, sehingga kualitas AMDK yang dikonsumsi rendah.

Pola pertumbuhan yang terjadi bersifat fluktuatif secara periodik. Sebagai saran untuk konsumen supaya lebih memperhatikan higiene personal dalam mengkonsumsi AMDK sehingga dapat menekan pertumbuhan bakteri pada AMDK.

Kata Kunci: Bakteri,AMDK,Praktik,Higiene,Konsumen,Semarang

No comments:

Post a Comment